Kamis, 06 November 2014

TALI SILATURAHMI SUBUD ANTAR NEGARA

Dalam rangka mempererat rasa persaudaraan di kalangan Subud Internasional, PPK Subud Indonesia membuat program kunjungan silaturahmi dengan agenda utama acara kejiwaan ke negara-negara tetangga. Pada tanggal 25-27 September 2013 lalu, sekitar 20 anggota Subud Indonesia berkunjung ke Singapura. Sebagian besar rombongan berasal dari cabang Jakarta Selatan ditambah enam anggota dari Subud Malang, Jawa Timur. Dalam kesempatan ini Bapak M. Ridwan (Ketua Subud Indonesia), Bapak Djojowidarbo (IH) dan Ibu Rukmini Djojowidarbo (PPN Jakarta) turut pula mendampingi.
Hari Rabu siang,seluruh rombongan dari Indonesia tiba di bandara Changi. Setelah makan siang bersama, kami pun bersiap-siap untuk pergi ke Latihan Hall menggunakan MRT. Latihan Hall Subud Singapura terletak di Lion Building C, 14 Arumugam Road, lantai 4. Tempat latihan berupa satu ruangan agak besar untuk latihan pria dan satu ruangan kecil bagi wanita. Agar dapat terus menggunakan ruangan tersebut untuk latihan, 10 anggota pria patungan membayar sewa 2000 SGD per bulan termasuk biaya operasional. Subud Indonesia patut bersyukur karena memiliki banyak latihan hall yang berupa bangunan tersendiri tanpa direpotkan membayar biaya sewa dan operasional setiap bulan. Secara keseluruhan, anggota Singapura yang aktif pun tidak terlalu banyak dengan mayoritas anggota adalah kaum pria.
Setibanya di sana, semua anggota Subud Singapura telah datang dan menyambut dengan gembira. Mereka antusias mengetahui rombongan dari Indonesia ternyata benar-benar datang dalam jumlah lumayan banyak. Acara latihan bersama pun segera dimulai dan dilanjutkan dengan sharing. Setelah itu rombongan dipersilakan menikmati hidangan yang ada. Tidak berapa lama, ketua Subud Singapura, Bapak Foong Sze Fook, memotong kue tart coklat sebagai puncak acara selamat datang. Kami pun duduk melingkar dan satu per satu memperkenalkan diri. Suasana saat itu berlangsung hangat dan penuh kekeluargaan.
Esoknya, sejak sore rombongan telah berkumpul kembali untuk bersama-sama pergi ke Latihan Hall. Beberapa anggota Subud Singapura yang kemarin berhalangan hadir, kali ini turut bergabung sehingga suasana semakin ramai. Latihan bersama pun dimulai, dilanjutkan testing dan sharing. Kemudian rombongan langsung bersama-sama menuju restoran India, Riverwalk Tandoor di daerah Clark Quay. Larry, seorang anggota Singapura, berbaik hati menraktir makan malam bagi kita semua.
Makan malam tersebut merupakan acara perpisahan mengingat rombongan Indonesia akan pulang keesokan harinya. Secara keseluruhan, kunjungan ini memberikan kesan positif bagi seluruh anggota yang hadir. Subud Indonesia berharap untuk program kunjungan selanjutnya seperti Malaysia, Thailand ataupun Vietnam akan diikuti oleh lebih banyak anggota lagi di masa mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar